Sunday, December 1, 2019

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Sunday, December 1, 2019


Perhatikan makanan terbaik untuk ibu hamil agar lebih sehat untuk menjaga tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, ibu hamil memerlukan berbagai nutrisi yang harus terpenuhi, salah satu cara memenuhi semua kebutuhan tersebut adalah melalui makanan sehat.

Jangan khawatir ada beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil yang di rekomendasikan.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Pola hidup sehat harus diterapkan oleh ibu hamil, termasuk juga mengkonsumsi makanan-makanan penuh gizi. Hal ini dikarenakan jika makanan yang masuk kurang seimbang, di khawatirkan akan berpengaruh pada janin di kandungan.

Oleh sebab itu berikut rekomendasi makanan terbaik untuk ibu hamil yang menyehatkan:

1. Sayuran Hijau


Warna hijau dalam sayuran merupakan sumber folat, zat besi dan kalsium. Folat sendiri sangat penting selama masa kehamilan, karena dapat mengurangi resiko terjadinya cacat tabung saraf pada bayi seperti spina bifida.
Beberapa contoh sayuran hijau terbaik dan cocok dikonsumsi ibu hamil adalah brokoli, bayam, sawi, kale dan kubis. Jenis sayuran ini mengandung beragam nutrisi lain yang di butuhkan oleh ibu hamil seperti, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, kalium dan antioksidan.

2. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan oleh ibu hamil, diantaranya seperti protein, zat besi, mineral, folat, serat dan kalsium.
Kacang-kacangan ini juga akan membantu mengurangi resiko kelahiran bayi prematur dan berat lahir rendah. Contoh dari kacang-kacangan ini seperti kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan lentil.

3. Buah-Buahan


Buah-buahan juga mengandung banyak sekali vitamin, mineral dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Beberapa jenis buah-buahan terbaik untuk ibu hamil diantaranya seperti jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang dan kiwi.
Tidak hanya buah segar ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Namun hindari menambah gula atau pemanis pada jus buah, ini karena dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Daging Tanpa Lemak


Seperti banyak diketahui daging merupakan sumber protein yang baik untuk di konsumsi, ibu hamil sangat membutuhkan protein ini untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan maksimal.
Daging tanpa lemak ini juga membantu menyuplai dosis vitamin B6 dan sangat baik untuk pertumbuhan jaringan pada otak si bayi, selain itu terdapat juga vitamin B12 yang akan membantu menjaga kesehatan syaraf  dan sel darah merah.

5. Produk Susu


Susu asli atau berbagai produk olahan berbahan susu sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini karena kaya akan kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan juga kesehatan tulang.
Selain itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium dan zinc serta probiotik yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

6. Yogurt


Yoghurt sebenarnya mengandung sedikit lebih banyak kalsium daripada susu. Ditambah lagi, yogurt sangat kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B dan zat besi. Kalsium sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat.
Ibu hamil harus memenuhi 1.000 mg kalsium per hari untuk mengurangi risiko bayi berat lahir rendah dan prematur. Jika jumlah kalsium yang dikonsumsi rendah,tubuh akan mengambil kebutuhan kalsium bayi dari tulang ibunya, ini dapat berisiko si ibu terkena osteoporosis di kemudian hari.

7. Oatmeal


Oatmeal dipenuhi oleh serat, protein dan vitamin B6. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan di pagi hari, akan memberikan energi ektra, khususnya jika ibu hamil sedang merasa lelah atau mual-mual. Nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi kedepannya.

8. Ikan salmon


Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 dalam ikan ini akan membantu perkembangan otak bayi serta meningkatkan keterampilan motorik dan mengurangi risiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari.

9. Sereal


Mengonsumsi sereal saat sarapan menjadi salah satu makanan sehat untuk menjaga kehamilan. Sereal sendiri biasanya diperkaya vitamin dan zat besi yang baik untuk tubuh.
Namun, perlu perhatikan kadar gula, garam dan lemak di dalamnya agar tidak mengganggu kesehatan ibu saat masa kehamilan.

10. Telur


Telur merupakan merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan omega3 selain itu juga merupakan sumber folat, zat besi dan kolin.

Kolin sendiri sangat baik untuk perkembangan otak dan membantu mengurangi resiko cacat syaraf pada janin sikecil. Agar semua manfaatnya didapat secara maksimal konsumsi telur baik putih ataupun kuningnya.
Makanan sehat memang banyak sekali jenisnya, namun untuk ibu hamil ada beberapa makanan yang sangat disarankan. Seperti rekomendasi  10 makanan terbaik untuk ibu hamil yang di jelaskan di atas. Tidak melulu makanan berharga mahal tetapi juga makanan enak , sehat dan mudah di temukan.

Show comments
Hide comments

2 comments on Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil