Friday, November 29, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Pada Bayi

Friday, November 29, 2019


Apa saja tips menjaga kesehatan pada bayi? Yuk, simak ulasan berikut bayi memang rentan sekali terhadap penyakit bila perawatanya kurang tepat. Disamping itu juga mengalami adaptasi setelah berbulan-bulan dalam rahim dan harus berbeda pada lingkungan yang tidak lagi hangat, banyak suara dan lebih kotor. Maka perlu tips menjaga kesehatan pada bayi bagi para orang tua.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Pada Bayi

Beberapa langkah mudah menjaga bayi:

1. Cuci Tangan

Ketika akan menyentuh bayi atau menggendongnya,cucilah tangan agar kuman-kuman atau kotoran di tangan tidak tersalur pada tubuh si kecil. Tidak hanya itu, Anda juga wajib membasuh tangan ketika selesai mengganti popok si bayi.

Ini dilakukan agar kuman tidak bersarang lama di tangan yang mengakibatkan mengenai si bayi lagi. Aturan ini tidak hanya bagi para orang tua, tetapi terapkan pada siapapun saat hendak menyentuh bayi.

2. Cairan Antiseptik

Cairan ini juga berfungsi untuk mencuci tangan agar kuman-kuman yang melekat hilang dan musnah.

Siapkan saja cairan ini di dekat tempat tidur si bayi atau di sudut ruangan, agar Anda dapat membujuk siapapun yang akan menyentuh bayi untuk mau membersihkan tangan tanpa beralasan ke kamar mandi.

3. Hanya Sentuh Kaki Bayi

Katakan dengan sopan pada siapa saja yang ingin menyentuh bayi Anda, bahwa mereka hanya diperbolehkan bagian kaki bayi saja.Jangan sampai ke wajah, kepala, tangan ataupun badan bayi. Hal itu untuk menghindari penyebaran kuman pada si kecil.

4. Dilarang Mencium

Bukan berarti pelit, namun mencium bayi secara langsung akan sangat mudah menularkan virus. Bila bayi masih terlalu kecil, sebaiknya dihindarkan dari kontak langsung dengan banyak orang terlebih dahulu (kecuali orang tua khususnya ibu).

5. Imunisasi

Jika Anda bersalin di puskesmas atau rumah sakit, biasanya bayi mendapat imunisasi hepatitis B sebelum diperbolehkan pulang ke rumah. Kemudian lakukan imunisasi rutin yang diadakan oleh POSYANDU terdekat.

6. ASI

Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu tips menjaga kesehatan pada bayiyang sangat besar manfaatnya untuk bayi. Ini karena akan memberi kekebalan tubuh, termasuk melawan radang dan infeksi. Selain itu, ASI berpengaruh terhadap perkembangan mental bayi sejak usia 1 hari.

Jika Anda sedang sakit, tetaplah menyusui bayi asal menggunakan masker agar tidak menularkan virus. Dan juga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan payudara tetap bersih ketika memberi ASI.

7. Mensterilkan Botol Susu

Bila bayi meminum susu menggunakan botol, kehigienisan botol sangat penting. Cara mensterilkan botol susu adalah merebusnya dalam air jika terbuat dari bahan kaca. Jangan lakukan cara yang sama terhadap botol berbahan plastik atau lainnya, terutama tidak tahan air panas.

8. Membersihkan Mulut Bayi
Bayi memang belum memiliki gigi, namun permukaan mulutnya sangat halus dan sensitif. Anda perlu membersihkannya menggunakan kain lembut serta bersih. Agar sisa-sisa makanan terangkat juga menghindarkan infeksi jamur pada lidah bayi.

9. Mengganti Popok

Pergantian popok secara rutin wajib dilakukan, jangan biarkan popok bayi selama semalaman. Karena akan menyebabkan terserang infeksi saluran kemih dan ruam. Terutama selepas bayi membuang kotoran, segera bersihkan sebelum penuh.

10. Memeluk dan Mencium
Perkembangan otak bayi sangat dipengaruhi oleh kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya terutama sang ibu. Karena bayi akan merasa sangat beruntung, dengan begitu anak akan tumbuh menjadi orang sukses dan bahagia.

Kesehatan sangat mahal harganya, maka bagi para Ibu sangat penting mengetahui tips menjaga kesehatan pada bayiagar anak dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari penyakit.

Show comments
Hide comments